Cara Cek PH Tanah Menggunakan Kunyit

Sebagai seorang petani tentu kita wajib mengetahui pH tanah lahan yang akan kita garap. PH tanah sangat berpengaruh pada hasil yang akan didapat nantinya. Namun kebanyakan petani tidak memiliki alat pengukur pH atau pH Meter. Adapun alasannya cukup beragam, tidak mengerti cara penggunaannya, belum pernah mendengar, harga yang mahal dan lain sebagainya.

Sebenarnya pH tanah bisa diukur tanpa menggunakan alat pengukur pH alias pH Meter. Kita juga bisa menggunakan alat-alat atau benda-benda disekitar kita, salah satunya menggunakan kunyit. Namun perlu diketahui, mengukur pH tanah menggunakan kunyit tidak dapat diketahui dengan pasti berapa nilai pH tanah sebenarnya. Kita hanya bisa mengira-ngira saja.

Baiklah, tidak perlu panjang lebar. Yuk, simak caranya di bawah!

Cara mengukur pH tanah dengan kunyit

Pertama, kita siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Adapun alat dan bahan yang kita perlukan adalah beberapa ruas kunyit dan sebilah pisau.

Berikutnya, iris atau potong-potong kunyit menjadi beberapa bagian. Pola irisan atau potongan terserah kita saja. Saran saya, untuk 1 ruas kunyit kita belah jadi 2 bagian. Lihat vidionya di bawah biar lebih jelas, ya...

Selanjutnya, kita pilih titik tanah yang akan kita cek. Kita bisa memilih beberapa titik dan usahakan tidak terlalu berdekatan. Kamu bisa memilih minimal 5 titik per bidangnya, yakni 1 titik di tengah dan 4 titik lainnya di setiap sudut. Lebih banyak titik tentunya akan lebih baik hasilnya.

Masukkan/tanam 1 bagian potongan atau irisan kunyit ke dalam tanah di setiap titik. Lihat vidio di bawah biar lebih jelas. Sisakan 1 bagian saja sebagai pembanding.

Setelah 30 menit kita cek potongan-potongan kunyit yang telah kita tanam. Jika warna kuning pada kunyit memudar, menunjukkan pH tanah pada titik tersebut asam. Dan jika sebaliknya, warna kuning pada kunyit berubah menjadi gelap, kebiruan, keunguan atau kehitaman, menunjukkan pH tanah pada titik tersebut basa. Semakin gelap berarti semakin basa tentunya.

Cukup mudah, bukan? Kalau kurang paham mungkin vidio berikut ini bisa membantu memperjelasnya.


*****


Tag:

cek ph tanah tanpa alat, cek ph tanah sederhana, alat cek ph tanah, cara cek ph tanah dengan kertas lakmus, aplikasi cek ph tanah, alat untuk cek ph tanah, cara cek ph tanah, cara cek ph tanah dengan kunyit, cara cek ph tanah secara manual, cara sederhana cek ph tanah, cara test ph tanah, cara cek ph, tanah dengan ph meter, cek ph tanah dengan kunyit, alat cek ph tanah digital, harga cek ph tanah, cek ph tanah manual, cara memeriksa ph tanah, mengukur ph tanah dan air, cara cek ph tanah dengan kunyit, cara mengecek ph tanah dengan kunyit, cara mengetahui ph tanah dengan kunyit, cek ph tanah, uji ph tanah dengan kunyit, tes ph tanah dengan kunyit, mengukur ph tanah dengan kunyit,


0 Response to "Cara Cek PH Tanah Menggunakan Kunyit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel