Perlukah Upgrade ke Windows 10?

Secara kinerja Windows 10 tentu lebih baik dari versi-versi sebelumnya. Meski pernah diragukan dan menuai banyak kritik, namun seiring waktu, peningkatan keamanan, penyempurnaan fitur personalisasi dan detail pada permainan game mematahkannya. Dilansir dari Intel, secara keseluruhan, Windows 10 adalah sistem operasi (OS) yang sangat stabil, aman, dan penuh fitur. Penggunaan Windows 10 akan menguntungkan kebanyakan orang.

Alasan Utama Upgrade ke Windows 10
Tiga alasan utama kamu harus upgrade ke Windows 10:
  • Peningkatan antarmuka (menu Mulai) dan personalisasi
  • Fitur keamanan yang disempurnakan
  • Penambahan permainan yang hebat
Antarmuka dan Personalisasi yang Disempurnakan
Meningkatkan cara kita berinteraksi dengan PC adalah salah satu penyempurnaan utama dalam Windows 10. Dengan mengembalikan menu Mulai dan memperkenalkan Cortana (seorang asisten pribadi), Microsoft meningkatkan antarmuka pengguna (UI) dan mendapatkan poin lebih dari para pengguna yang lebih menyukai kesederhanaan.

Menu Mulai
Menu Mulai Microsoft diperkenalkan dengan Windows 95 lebih dari 20 tahun yang lalu. Sejak saat itu, menu ini telah melalui banyak iterasi, tetapi tidak ada perubahan besar dibuat hingga rilis Windows 8 saat menu Mulai digantikan dengan Layar Mulai dan "live tiles". Antarmuka berbasis sentuh dan layar penuh aplikasi agak merepotkan pengguna. Microsoft mendengar kritik itu dengan seksama.
Windows 10 tidak hanya mengembalikan menu Mulai, tetapi juga ditambahkan dalam fitur terbaik Layar Mulai Windows 8. Dengan menggunakan menu Mulai baru di Windows 10, Kamu dapat:
  • Mengubah ukurannya dengan menarik batas atau sudut menu Mulai
  • Menyusun, menambah, atau menghapus salah satu ubin, program, atau aplikasi yang muncul di menu Mulai
  • Mempersonalisasi sepenuhnya dengan mengubah skema warna dan pengaturan lainnya
Cortana
Cortana adalah asisten digital pribadi yang tertanam dalam OS Windows 10. Lebih dari sekadar mesin pencarian, Cortana dapat menjawab pertanyaan, mencari seluruh PC untuk menemukan file atau dokumen, menyediakan pengingat, melacak penerbangan, atau bahkan bercanda denganmu. Cortana juga tersedia di perangkat Android dan konsol Xbox One.

Browser Edge
Microsoft mengucapkan selamat tinggal pada Internet Explorer di Windows 10 dan memperkenalkan browser barunya... ... Edge. Menurut Microsoft, browser ini dibuat dari nol hingga mampu memberikan cara mudah yang sederhana dan modern untuk menjelajahi Web dan memanfaatkan kecanggihan masa depan.
Fitur barunya memungkinkanmu:
  • Mempratinjau beberapa halaman dengan mengarahkan kursor di atas tab yang terbuka
  • Menyematkan tab ke bilah browser untuk akses sekali klik ke situs yang sering dikunjungi
  • Berinteraksi dengan Cortana sembari kamu menelusuri untuk menerima promo, kupon dan pemberitahuan
Desktop Virtual
Seperti yang sudah diketahui pengguna Mac dan Linux, desktop virtual amat tepat bagi mereka yang membuka banyak program sekaligus tetapi ingin mempertahankan segala sesuatunya tetap tertata. Tujuan Microsoft membuat desktop virtual adalah untuk:
  • Memberi lebih banyak ruang desktop untuk jendela terkait dalam grup untuk pengguna
  • Membantu pengguna dengan cepat menemukan dan beralih ke jendela atau grup jendela apa pun
  • Memungkinkan pengguna mengatur ulang grup dan memindahkan jendela seiring berkembangnya tugas
Windows Ink
Windows Ink adalah fitur menarik yang diperkenalkan dalam Windows 10 Anniversary edition. Windows Ink Workspace menyediakan pena digital untuk menulis catatan, mengedit, atau bahkan membuat catatan tempel. Windows Ink juga menyertakan pad sketsa, kemampuan sketsa layar serta aplikasi pena digital favoritmu.

Peningkatan Keamanan
Beberapa orang mengatakan bahwa Windows 10 adalah OS paling stabil dan aman dari Microsoft hingga saat ini. Keamanan adalah perhatian utama di era digital seperti saat ini dan Windows 10 dibuat dengan mempertimbangkan keamanan. Penyempurnaan keamanan ini meliputi:

Windows Hello
Gunakan Windows Hello untuk masuk ke PC-mu dengan lebih cepat dan lebih aman daripada sebelumnya. Menggunakan kamera di PC-mu, Windows Hello akan mengenali wajahmu dengan seketika dan memasukkanmu dengan aman. Atau, kamu bisa menggunakan pembaca sidik jari yang bekerja dengan cara yang sama. Setelah mengaktifkan Windows Hello, kamu juga dapat menggunakannya dengan aplikasi yang kompatibel, seperti Dropbox, jadi kamu dapat melewati tahap memasukkan kata sandi secara manual. Proses masuk jadi lebih cepat dan aman.

Windows Defender
Windows 10 menghadirkan Windows Defender yang sepenuhnya dirancang ulang, yang membantu melindungi PC-mu dari serangan malware dan virus. Windows Defender berjalan di latar belakang dengan memindai file saat kamu mengaksesnya (dan sebelum kamu membukanya).

Windows Firewall
Windows Firewall melindungi keamanan jaringanmu dengan mencegah peretas dan perangkat lunak berbahaya menembus PC-mu. Windows Firewall membentuk penghalang pelindung antara PC-mu dengan para peretas di dunia.

Game Hebat
Kamu dapat berpendapat bahwa Windows 10 dirancang untuk para pemain game. Dari dukungan untuk DirectX 12 guna memberikan cara baru untuk bermain game di seluruh perangkat, Windows 10 juga memberikan fitur dan manfaat besar bagi para pemain game dari setiap tingkat kemampuan.

DirectX 12
Dengan Windows 10, game memanfaatkan fidelitas grafis DirectX 12. Game DirectX 12 menggunakan kemampuan penuh perangkat keras video PC untuk menghadirkan visual yang lebih tajam dan peningkatan kinerja.

Xbox Play Anywhere
Microsoft baru saja mengungkapkan solusi Xbox Play Anywhere barunya. Ketika kamu membeli judul digital Xbox Play Anywhere, kamu dapat memainkannya di Xbox One dan PC Windows 10 mana pun tanpa biaya tambahan. Mulai game, lalu mulai kembali dari posisi terakhirmu meninggalkannya, bahkan di perangkat lain! Kamu tidak akan kehilangan apa pun yang kamu simpan, add-on, maupun pencapaian.

Penyiaran Internal
Ingin streaming dominasimu ke seluruh dunia? Tak masalah—Windows 10 memungkinkanmu melakukan streaming permainan game menggunakan Bilah Game. Tekan saja tombol Windows plus G. Klik Siaran dan mulai streaming.

Apa yang Tidak Disukai?
Windows 10 adalah pilihan solid untuk kebanyakan pengguna, menyediakan fitur personalisasi yang hebat, dan penyempurnaan antarmuka, serta fitur keamanan yang kuat, dan peningkatan game. Jadi, apa yang tidak kamu sukai? Namun, ada beberapa kasus meningkatkan ke Windows 10 mungkin bukanlah sebuah prioritas utama.

Biaya
Microsoft merilis Windows 10 sebagai peningkatan gratis hingga 29 Juli 2016. Jika kamu meningkatkan sekarang, kamu harus membayar harga eceran (~$119).

Windows Media Center
Windows Media Center dirancang agar berjalan sebagai pemutar media layar penuh dan mendukung saluran televisi juga (dari tuner). Windows Media Center memiliki para penggemar setia, tetapi dihapus pada peningkatan Windows 10. Jadi, jika solusi hiburanmu dibuat dengan dukungan Windows Media Center, kamu mungkin lebih baik menggunakan Windows OS milikmu saat ini hingga dapat menemukan pilihan yang lebih memungkinkan.

Penggemar Windows 7 atau 8
Dengan dukungan yang diperpanjang hingga tahun 2018 dan 2020, Windows 7 dan Windows 8 masih disukai oleh banyak pengguna. Jika semuanya sudah berfungsi dengan baik untukmu dan kamu lebih memilih desain dan UI Windows 7 atau Windows 8, mungkin kamu tidak perlu meningkatkan sekarang. Namun, pastikan kamu menggunakan langkah keamanan yang mencukupi atau langkah keamanan tambahan (Windows 10 menawarkan fitur keamanan yang disempurnakan).

PC tidak mendukung
Memang ada beberapa PC yang tidak mendukung Windows 10. Beberapa kasus dilaporkan, PC tidak dapat beroperasi dengan baik (lemot) setelah ditingkatkan ke Windows 10, dan berjalan normal setelah dikembalikan pada versi sebelumnya.

Windows 10: Peningkatan yang Lebih Hebat
Jadi, apa jawabannya? Apakah perlu meningkatkan ke Windows 10? Bagi kebanyakan pengguna PC, jawabannya adalah ya. Aman dan stabil, Windows 10 menawarkan cara yang ampuh untuk tetap terhubung, produktif dan terhibur.

Keputusan ada di tanganmu!

Dari berbagai sumber

0 Response to "Perlukah Upgrade ke Windows 10?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel