Segudang Manfaat Daun Kemangi

Manfaat & khasiat daun kemangi

Kemangi, adalah salah satu tanaman paling familiar di Indonesia. Hampir bisa dipastikan semua masyarakat mengenal tanaman satu ini. Pasalnya, tanaman ini sering dijadikan lalapan bagi masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka, ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun kemangi. Daun kemangi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K, antioksidan lutein, zeaxanthin, dan serat.

Dikutip dari DokterSehat, tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, sengatan serangga, obat deman hingga sebagai obat kanker di China. Dan di banyak negara lainnya seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa juga memanfaatkan daun kemangi sebagai obat tradisional.

Manfaat daun kemangi memang diduga ada banyak, namun efek-efek tersebut masih sebatas penelitian di laboratorium pada hewan percobaan. Manfaat daun kemangi secara klinis sebagai pengobatan sejauh ini belum dapat dipastikan dan masih perlu diteliti lebih lanjut.

Beberapa manfaat daun kemangi yang bisa kita dapatkan, meliputi:

Mencegah bau mulut dan badan 
Khasiat daun kemangi paling populer adalah untuk mencegah bau mulut dan bau badan. Jika Kamu kurang suka dengan baunya yang lumayan tajam saat disantap langsung (dilalap). Kamu bisa mengatasinya dengan membuat air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari cukup sekali saja.

Meningkatkan nafsu makan
Mungkin karena aroma wanginya yang khas inilah yang membuat kita semakin selera untuk makan.

Memperkuat masa hidup sperma dan mencegah kemandulan 
Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma sekaligus mencegah kemandulan. Daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen. Bila ada yang memiliki keluhan ejakulasi, daun kemangi memiliki kandungan zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah.

Mengobati masalah vagina, nyeri payudara, batu ginjal & albuminaria

John Henry M dalam bukunya berjudul A Dictionary of Practical Material Medical mengatakan, bahwa khasiat kemangi untuk kesehatan adalah dapat mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Mampu mengatasi jerawat 
Minyak daun kemangi dipercaya memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Minyak daun kemangi dicampurkan dengan ekstrak jeruk, asam salisilat, dan asam asetat, mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Memelihara kesehatan jantung
Daun kemangi kaya akan beta-karoten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan maupun campuran bahan masakan dapat mencegah timbulnya berbagai masalah pada jantung kita.

Mempercepat penyembuhan luka
Daun kemangi memiliki sifat antiradang, antibakteri, antivirus, antijamur, dan pereda nyeri. Karenanya, daun kemangi dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan serta mencegah terjadinya infeksi pada luka. Sayangnya, sejauh ini penelitian terkait manfaat daun kemangi untuk penyembuhan luka masih sebatas studi pada hewan.

Menyehatkan otak 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi daun kemangi sangat membantu dalam mencegah degradasi kognitif. Daun kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang diamati untuk meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak. Aktivitas ini dikaitkan dengan refleks mental.

Ramuan ini juga mengandung tembaga, yang dapat membantu merangsang pikiran – meningkatkan fungsinya. Metabolisme glikosilceramida juga terkait dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipids pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung untuk otak. Perisai ini melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif.

Mencegah stres 
Daun kemangi memiliki zat yang bisa membantu tubuh beradaptasi terhadap hormon stres. Selain itu, zat alami ini juga berperan untuk membuat tubuh dan pikiran merasa tenang dan rileks, membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh tidak cepat lelah. Mengatasi flu, sakit kepala, cacingan, dan sembelit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products dari Purdue University, khasiat kemangi ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit hingga penyakit ginjal.

Menyehatkan sistem pencernaan
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Selain itu, manfaat daun kemangi juga bisa menurunkan kadar asam lambung dan meningkatkan pelepasan lapisan lendir yang melindungi dinding lambung.

Mengatasi perut kembung, maag, masuk angin dan masalah usus
Para ahli telah membuktikan bahwa daun kemangi mampu mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang.

Anti penuaan
Daun kemangi mengandung banyak antioksidan. Kerusakan radikal bebas pada kulit dan otak bisa menjadi penyebab utama penuaan. Antioksidan dalam herbal akan membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas dan mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang bertahan lama.

Memiliki sifat antiradang dan antikanker

Manfaat daun kemangi yang juga baik untuk kesehatan adalah sebagai antiradang dan antikanker. Kandungan antioksidan di dalam daun kemangi diduga berperan dalam munculnya efek tersebut. Sayangnya sifat antiradang dan antikanker ini baru terlihat pada penelitian di laboratorium. Manfaat daun kemangi sebagai obat untuk menangani penyakit tertentu masih belum diteliti dengan jelas.

Kendalikan diabetes
Rajin mengonsumsi kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Ramuan daun kemangi memiliki beban glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial terdapat dalam kemangi juga membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko terus-menerus di antara penderita diabetes.

Menyehatkan kulit 

Manfaat kemangi bagi tubuh selanjutnya dapat memelihara kesehatan kulit kita. Minyak daun kemangi membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit yang sangat baik dan sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Ini juga membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar. Oleskan pasta di wajah dan biarkan selama 20 menit. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari daun kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

Mengatasi epilepsi

Khasiat daun kemangi yang telah diekstrak dapat mengurangi aktivitas spasmodik di otak. Studi lain yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa eugenol dalam daun kemangi juga bermanfaat untuk sistem saraf.

Mengatasi arthritis 

Arthritis adalah penyakit menyakitkan yang sering menyebabkan cacat fisik. Daun kemangi ditemukan mengandung beta-caryophyllene, yang dapat mengatasi nyeri yang efektif. Mereka juga bahan kimia anti-inflamasi membantu menenangkan sensasi terbakar di persendian yang disebabkan oleh arthritis. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa mereka bebas artritis karena penggunaan daun kemangi dalam makanan mereka.

Sebagai minyak pijat 
Manfaat kemangi bisa dijadikan bahan untuk memijat. Daun kemangi bisa disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi di mana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma.

Sebagai obat nyamuk 

Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Itulah beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang saya himpun dari berbagai sumber.

0 Response to "Segudang Manfaat Daun Kemangi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel