Tanda Minuman Probiotik Kita Sudah Jadi

Belakangan ini trend mengonsumsi makanan/minuman probiotik semakin meningkat tajam. Rupanya masyarakat kita sudah mulai menyadari pentingnya pola hidup sehat. Namun tahukah kamu apa itu probiotik? Adalah mikroba/bakteri/kuman baik yang menguntungkan dan diperlukan, yang mana bila dikonsumsi secara cukup dapat memberi manfaat kesehatan secara nyata. Kebiasaan mengkonsumsi probiotik secara rutin terbukti banyak manfaatnya, bukan saja demi kesehatan, melainkan agar tidak terkena sejumlah penyakit.

Bahwa probiotik diperlukan oleh kita, semua orang mungkin sudah banyak yang tahu. Namun mungkin belum semua tahu kalau probiotik rupanya sudah kita miliki sejak awal kehidupan. Bayi normal sudah membawanya dari persinggungannya dengan jalan lahir ibu ketika dilahirkan. Hanya bayi yang dilahirkan bukan lewat jalan lahir ibu melalui pembendahan rahim (sectio caesarea), yang di ususnya tidak subur tumbuh mikroorganisme yang hidup damai berdampingan. Namun hal itu dapat diatasi bila bayi segera diberi ASI. Konsumsi ASI meningkatkan jumlah probiotik bifidobakteria dalam saluran cernanya.

Akan tetapi, tidak semua bakteri bisa disebut probiotik sebelum memenuhi syarat atau kriteria tertentu, probiotik yang bermanfaat harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Jumlah mencukupi syarat (minimum 106)
  2. Probiotik harus dapat diproduksi dalam keadaan hidup dalam jumlah banyak (skala industri). 
  3. Selama penyimpanan dan penggunaan, probiotik harus tetap hidup dan stabil. 
  4. Probiotik harus tetap hidup di dalam ekosistim usus. 
  5. Terbukti pada penelitian, konsumen memperoleh manfaat dari probiotik yang dikonsumsinya.

Berkat kuman hidup probiotik ini, kerja usus kita menjadi optimal. Usus dilindungi dari ancaman berbagai kuman penyakit. Bukan hanya itu, probiotik juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas), dan membebaskan usus dari berbagai jenis gangguan.

Oleh karena itu agar pencernaan, dan tubuh selalu sehat, kuman usus harus selalu dipelihara. Beberapa keadaan bisa merusak dan mengganggunya. Paling sering bila sedang dalam kondisi jatuh sakit, sehabis minum antibiotika, berdiet khusus, stress, dan pada mereka yang berusia lanjut. Pada kondisi tersebut kuman harus ditumbuhkan kembali.

Tambahan probiotik dapat membantu mengatasi gangguan dalam sistem pencernaan. Sembelit, misalnya. Susah buang air besar sering disebabkan oleh menurunnya probiotik dalam usus. Oleh karena itu sebaiknya memilih minum probiotik ketimbang obat pencahar kalau lagi susah ke belakang.

Agar kuman usus kita senantiasa subur, perlu memerhatikan pula jenis makanan yang menyuburkan probiotik di saluran pencernaan kita. Termasuk perlu sering mengonsumsi jenis bawang-bawangan tertentu dan buah-buahan.

Manfaat probiotik

Pencernaan kita dimasuki beraneka macam menu, yang menyehatkan maupun yang mengganggu kesehatan. Bila pencernaan tidak bersih dan seimbang antara kandungan kuman baik dan kuman jahatnya, dapat menyisakan racun-racun kimiawi di dalam usus. Hadirnya ‘racun’ ini yang memunculkan reaksi alergi. Probiotik mencegah munculnya kemungkinan ini.

Barang tentu semua jenis kuman jahat dan sejumlah gangguan yang merusak usus juga bisa ditolong oleh kehadiran probiotik. Maka penyakit atau gangguan usus tak perlu terjadi bila probiotik dominan dalam usus kita. Kasus diare, tak tahan susu (lactose intolerance), radang usus besar (irritable bowel syndrome), kuman lambung helicobacter pylori yang membuat penyakit maag kemungkinan bisa dicegah kalau probiotik usus mencukupi.

Peran probiotik juga mampu menurunkan kolesterol darah, meredam darah tinggi, mencegah batu ginjal, bahkan menjinakkan kuman di kemaluan wanita (vaginosis), sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Kita tahu kekebalan tubuh terbesar diperankan oleh pencernaan.

Melihat begitu besar peran probiotik bagi kesehatan, dan mampu pula mencegah sejumlah penyakit, jangan lupa rutin mengonsumsi probiotik.

Cara mengetahui minuman probiotik kita berhasil dibuat

Probiotik bisa kita dapatkan dengan cara membeli langsung minuman/makanan probiotik seperti yogurt dan semacamnya. Sebenarnya kita pun bisa membuatnya sendiri sehingga menghemat anggaran rumah tangga. Tentu yang kita perlukan terutama sekali adalah biang probiotik tersebut, berikutnya adalah media dan pakan bagi bakteri probiotiknya.

Kamu bisa menggunakan biang B-ProBio yang mana media dan pakannya tidak terlalu sulit untuk didapatkan, yaitu air sebagai media hidup dan gula sebagai pakannya. Cukup mudah, bukan?

Kita tidak akan bahas apa itu B-ProBio. Kita hanya akan bahas mengenai tanda atau ciri-ciri minuman probiotik yang kita buat sudah jadi.

Tanda yang paling diinginkan adalah munculnya jamur halus warna putih pada permukaan buah atau minuman yang kita fermentasi. Tanda tersebut adalah tanda yang paling diinginkan. Sebab, itulah tanda terbaik dalam proses pembuatan jus/minuman probiotik. Sebenarnya tidak muncul tanda tersebut pun tidak mengapa dan bukan berarti proses fermentasi kita gagal. Dengan keluarnya sedikit rasa masam pada buah/minuman fermentasi yang kita buat pun sudah cukup membuktikan probiotik kita berhasil. Munculnya gas dan gelembung-gelembung udara pada minuman probiotik ini juga bisa menjadi tanda.

Berikut vidio tanda fermentasi probiotik kita berhasil


Dan ini vidio cara membuat minuman buah probiotiknya



0 Response to "Tanda Minuman Probiotik Kita Sudah Jadi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel