Cara Paling Gampang Membuat Ragi Tempe Dari Tempe Ala Rumahan

Tempe, tentu kita sudah gak asing lagi ya dengan salah satu dari bahan makanan ini? Dari ujung Aceh sampai dengan Papua pastinya sudah pernah mencicipi penganan berbahan dasar tempe. Harganya yang terbilang sangat murah sehingga memungkinkan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Hanya dengan uang Rp1,000 - Rp2,000 saja kita sudah bisa mendapatkan yang namanya tempe ini. Dan luar biasanya lagi, meskipun murah, kandungan nutrisi pada tempe tidak main-main. Ia diklaim bisa menjadi pengganti daging. Hebat, bukan?

Nah, di artikel kali ini saya akan bagikan tutorial membuat "ragi tempe" dari tempe. Atau mungkin tepatnya adalah "cara mengkultur ragi tempe".

Cara ini sangat berguna sekali buat kamu-kamu yang ingin membuat tempe tapi mengalami kesulitan untuk mendapatkan raginya. Juga berguna buat kamu, para pengrajin tempe yang kehabisan ragi sementara untuk mendapatkannya butuh waktu yang lama. Misalnya harus pergi ke kota dan lain sebagainya.

Baiklah, kita langsung saja ke tutorialnya.

 

Cara membuat/mengkultur ragi tempe

Yang perlu kita siapkan dan yang paling penting adalah tempenya itu sendiri. Terserah kamu perlunya berapa ya... Jadi di sesuaikan saja.

Alat yang kita butuhkan adalah pisau, talenan dan wadah untuk menjemur.

Cara membuatnya

1. Tempe kita potong-potong kecil-kecil atau kita iris tipis-tipis.

2. Siapkan wadah, lalu taruh dan tata irisan tempe pada wadah dengan rapi. Usahakan tidak saling menumpuk agar cepat mengering saat proses penjemuran.

3. Jemur irisan tempe di bawah terik matahari. Jika kamu punya alat/mesin pengering, kamu bisa memanfaat alat tersebut. Jemur kurang lebih selama satu hari atau tempe dirasa benar-benar sudah kering, ya...

4. Jika sudah kering, angkat tempe lalu dihancurkan menjadi semacam tepung. Lebih halus tentunya akan lebih bagus. Caranya bisa dengan digiling, ditumbuk atau diblender.

5. Selesai, ragi sudah siap digunakan!

Berikut vidio yang bisa kamu lihat untuk memperjelas tutorial di atas



0 Response to "Cara Paling Gampang Membuat Ragi Tempe Dari Tempe Ala Rumahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel