Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan


Gak pernah nyangka kalau ternyata tanaman satu ini memiliki banyak manfaat. Dulu di Mesuji tanaman ini bisa dengan mudah kita temui. Tanaman ini sama sekali tidak membutuhkan teknik khusus untuk membudidayakannya. Ia termasuk jenis tanaman yang sangat mudah tumbuh.
Dulu waktu masih SD saya pernah iseng menanamnya dipekarangan rumah. Eh, tahu-tahu ada serumpun bawang dayak yang tumbuh dengan suburnya padahal enggak pernah saya siram apalagi dipupuk. Sayangnya waktu itu saya belum tahu kalau tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita sehingga tanaman ini pun saya musnahkan karena saya pikir kurang bermanfaat.
Kalau di Mesuji, tanaman ini disebut dengan bawang-bawangan atau berambang-berambangan karena mirip sekali dengan bawang merah. Namun di daerah lain, tanaman memiliki nama yang berbeda, salah satunya bawang berlian.

Berikut beberapa manfaat/khasiat bawang dayak bagi kesehatan yang saya dapatkan dari berbagai sumber:
1. Obat sakit perut Sudah sejak lama masyarakat suku dayak memanfaatkan umbi bawang dayak ini sebagai salah satu obat penghilang dan pereda rasa sakit, nyeri dan juga mual pada bagian perut.
2. Obat Flu Selain itu suku dayak juga sering memanfaatkannya sebagai obat flu.
3. Mengobati penyakit kuning (hepatitis) Bawang dayak juga dipercaya berkhasiat untuk membantu mengobati beberapa penyakit kronis,seperti penyakit kuning aatau hepatitis. Beberapa penelitian sudah membeberkan khasiat dari bawang dayak ini untuk membantu mengobati hepatitis alias sakit kuning.
4. Meningkatkan daya tahan tubuh Bawang dayak memiliki kandungan vitamin dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Maka dari itu, bawang dayak sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi bawang dayak adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu dapat mengkonsumsi bawang dayak dengan cara menambahkannya pada menu makanan sehari – hari untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhmu.
5. Kaya akan antioksidan Antioksidan merupakan salah satu zat penting yang terdapat pada bawang dayak. Antioksidan memiliiki fungsi utama untuk menangkal radikal bebas yang sering mengganggu kesehatan tubuh. Dengan tingginya kadar antioksidan pada bawang dayak, maka hal ini akan berpengaruh pula pada efektifnya penangkalan tubuh terhadap radikal bebas.
6. Dapat membantu mencegah kanker dan juga tumor Bawang dayak memiliki kandungan yang mampu mencegah kanker dan tumor, bawang dayak mengandung naphtoquinones yang merupakan senyawa alami yang sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya sel kanker dan juga tumor di dalam tubuh.
7. Membersihkan tubuh dari bakteri Kandungan zat anti-bakteri aktif yang terdapat pada bawang dayak juga sangat efisien untuk membantu membersihkan tubuh dari bakteri, sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengganggu kesehatan tubuhmu.
8. Mencegah terjadinya infeksi Bawang dayak juga memiliki khasiat dan juga manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah infeksi. Infeksi teebut bisa saja terjadi pada bagian dalam tubuh, ataupun bagian luar tubuh.
9. Mencegah perkembangan virus, bakteri dan juga mikroba Virus, bakteri dan juga mikroba merupakan penyumbang penyakit terbesar di dalam tubuh manusia. Bawang Dayak sangat efektif sekali menghambat dan membunuh perkembangan virus, bakteri dan mikroba.
10. Mencegah peradangan Bawang dayak atau bawang berlian ini juga memilki manfaat lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Bawang dayak mampu untuk membantu mencegah peradangan pada tubuh. Biasanya peradangan yang banyak terjadi adalah peradangan pada bagian tenggorokan dan juga peradangan pada bagian usus dan juga lambung. Dengan menggunakan bawang dayak, maka kamu bisa meminimalisir dan juga mencegah resiko mengalami peradangan pada tubuhmu. Itulah beberapa manfaat dan juga khasiat bawang dayak atau bawang berlian.

0 Response to "Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel