15 resep ampuh dan mudah untuk sakit mata

Sakit mata yang sering dialami oleh setiap orang adalah sakit mata karena iritasi. Iritasi pada mata biasanya disebabkan karena alergi terhadap makanan dan benda-benda tertentu seperti debu, asap pembakaran atau kendaraan dan lain sebagainya. Selain karena alergi, iritasi juga bisa disebabkan karena terinfeksi oleh bakteri dan virus. Infeksi ini dikenal sebagai konjungtivitis yang biasanya mata akan terasa nyeri. Penyakit mata ini sifatnya menular, sebaiknya periksakan saja ke dokter mata.

Tanda mata iritasi yang sering terjadi adalah seperti adanya cairan warna putih atau kekuningan dan agak kental yang keluar dari mata, mata memerah, terasa gatal, dan bengkak.


Sebenarnya sakit mata karena iritasi bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari/minggu saja. Kamu bisa mengobatinya dengan meneteskan obat tetes mata dengan dosis tertentu. Namun, bagi kamu yang menginginkan pengobatan secara alami, berikut saya paparkan beberapa bahan alami yang bisa kamu coba.


1. Cara mengobati sakit mata dengan ampas teh hijau

Cara mengobati sakit mata dengan ampas teh hijau

Sebaiknya jangan buang ampas teh hijau setelah kamu menyeduhnya. Ampas teh hijau yang masih hangat masih bisa kamu gunakan, salah satunya untuk mengobati iritasi pada mata. Caranya, gunakan ampas teh hijau sebagai kompres. Atau juga bisa dengan merendam kapas dalam teh hijau hangat dan mengompresnya pada mata yang sakit.
Teh hijau kaya akan kandungan bioflavonoid yang ampuh melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau juga mampu melawan radikal bebas atau polusi yang bisa sebabkan alergi.
2. Cara mengobati sakit mata dengan Bawang Putih


Bawang putih obat herbal alami sakit mata

Ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bawang putih, salah satunya sebagai obat sakit mata. Caranya, cuci bawang putih lalu keringkan dengan lap atau tisu yang bersih. Setelah bawang putih kering dan juga bersih. Potong bagian ujung bawang putih atau belah menjadi dua bagian. Lalu oleskan bagian dalam bawang putih ke daerah kelopak mata. Hindari penekanan yang terlalu kuat saat mengoleskan bawang putih di bagian kelopak mata.


Setelah dioleskan tunggu beberapa detik dan kemungkinan akan terasa sedikit perih pada mata hingga mengeluarkan air atau cairan dari mata. Keringkan air mata menggunakan tisu yang lembut. Lalu oleskan lagi hingga 2 kali olesan, jangan terlalu berlebih cukup 2 kali olesan saja di kelopak mata.


Obat sakit mata dengan bawang putih ini dipercaya cukup manjur untuk mengobati sakit mata karena iritasi, mata kemerahan, dan juga sakit mata seperti belekan. Gunakan bawang putih sebagai obat sakit mata sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.




3. Cara mengobati sakit mata dengan Daun sirih


Daun sirih obat herbal alami sakit mata

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya daun sirih. Daun sirih memiliki banyak sekali khasiat obat dan salah satunya obat sakit mata. Cara pemakainnya pun terbilang cukup mudah.

Cuci bersih daun sirih beberapa lembar, 2 atau 3 lembar. Rebus daun sirih dengan air bersih, usahakan menggunakan air mineral biar lebih bersih. Rebus daun sirih hingga mendidih, angkat, dinginkan lalu saring air rebusan daun sirih tersebut.


Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan air rebusan daun sirih tersebut pada mata sebagaimana obat tetes mata pada umumnya. Atau bisa juga dengan cara merendam mata ke dalam rebusan air daun sirih, dan juga bisa juga dengan mengoleskannya di area mata yang sakit.



Air rebusan daun sirih bisa digunakan sebagai obat sakit mata seperti mata merah, mata belekan, mata terkena virus maupun bakteri. Jangan berlebihan menggunakan air rebusan daun sirih pada mata yang sakit. Cukup gunakan 3 kali sehari.


4. Cara mengobati sakit mata dengan Minyak kelapa


Minyak kelapa obat herbal alami sakit mata

Minyak kelapa mengandung asam laurat dan asam kaprilat yang bisa melawan infeksi bakteri dan jamur penyebab iritasi. Selain itu, minyak kelapa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi akan bekerja lebih keras untuk mengurangi iritasi.
Basahi kapas dengan minyak kelapa secukupnya dan tempelkan pada kelopak mata yang sakit. Diamkan selama beberapa menit. Kompres mata dengan minyak kelapa selama tiga hingga empat kali sehari.  

5. Cara mengobati sakit mata dengan Patikan Kebo (euphorbia hirta)


Rumput patikan kebo obat herbal alami sakit mata

Daun patikan kebo atau euphorbia hirta, dipercaya cukup ampuh untuk mengobati sakit mata seperti mata belekan, mata bengkak, mata terasa gatal-gatal atau juga mata iritasi.
Ambil getah pada daun Patikan Kebo, lalu oleskan di area mata yang sakit. Gunakan getah daun patikan kebo ini 2 hingga 3 kali sehari.



6. Cara mengobati sakit mata dengan Lidah buaya


Lidah buaya obat herbal alami sakit mata

Oleskan daging atau getah lidah buaya di sekeliling mata dan pada kelopak mata yang mengalami iritasi dan biarkan hingga meresap. Kandungan aloin dan amodin dalam lidah buaya bisa membantu meringankan mata bengkak dan gatal. Sensasi dingin dari dagingnya akan membuat mata yang perih jadi lebih nyaman.
Sebuah penelitian dalam jurnal Pharmaceutical Biology bahkan menyebutkan bahwa ekstrak lidah buaya baik untuk meredakan infeksi di bagian mata. Jangan mengoleskan getah langsung ke permukaan mata.

7. Cara mengobati sakit mata dengan Bunga Mawar


Bunga mawar obat herbal alami sakit mata

Bunga mawar ternyata cukup manjur juga untuk menyembuhkan sakit pada mata.
Caranya sangat sederhana, cukup rendam bunga mawar ke dalam air bersih hangat-hangat kuku. Setelah beberapa menit (air rendaman sudah dingin) ambil dan buang bunga mawarnya. Lalu rendam mata yang sakit  Kamu bisa melakukannya dengan cara sedikit berkedip di dalam air mawar.

Lakukan berulang ulang secara bergantian untuk mata kanan dan kiri kamu. Kamu bisa melakukannya beberapa menit saja jangan terlalu lama. Dan kamu bisa menggunakannya 3 kali sehari untuk proses penyembuhan sakit mata kamu.


Obat sakit mata dengan mawar ini bisa kamu pakai ketika kamu mengalami sakit mata seperti mata merah, mata bengkak, mata iritasi, dan juga sakit mata dikarenakan alergi.




8. Cara mengobati sakit mata dengan Ketimun/mentimun


Ketimun obat herbal alami sakit mata

Tidak hanya sebagai perawatan kecantikan saja, ketimun juga bisa sebagai obat sakit mata alami. Ketimun digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada mata, bisa karena iritasi, belekan, hingga mata bengkak.

Caranya cukup mudah, iris ketimun tipis-tipis lalu letakkan pada mata dalam keadaan terpejam. Dengan cara seperti ini sakit mata kamu akan lebih berkurang rasa sakitnya, dan bakteri yang ada di mata kamu lama-kelamaan akan mati, karena ketimun itu sendiri mengandung anti bakteri.


Selain sebagai obat alami untuk sakit mata dan juga sebagai perawatan kecantikan agar mata terlihat lebih segar, ketimun juga bisa mengurangi kantung mata yang tebal/mata panda.



9. Cara mengobati sakit mata dengan Kunyit


Kunyit obat herbal alami sakit mata

Kandungan kurkumin yang tinggi pada kunyit dipercaya mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri pada area mata. Caranya, parut kunyit dan campur ke dalam air hangat, lalu basahi kain lembut atau kapas dengan sari kunyit.
Tempelkan kain pada bagian mata yang sakit, kompreskan selama beberapa menit. Namun hal ini tidak direkomendasikan buat kamu yang alergi terhadap kunyit.

10. Cara mengobati sakit mata dengan kentang


Kentang obat herbal alami sakit mata

Kentang adalah umbi-umbian yang ternyata memiliki banyak manfaat termasuk sebagai obat herbal/alami sakit mata. Dan cara menggunakannya pun terbilang cukup mudah.
Caranya, cuci dan kupas kulit kentang lalu bersihkan dengan air hingga bersih. Ada 2 cara yang bisa kamu coba.

Cara pertama, kentang dibuat jus untuk obat sakit mata. Blender kentang yang sudah dibersihkan hingga lembut. Setelah kentang berubah menjadi lembut, kamu bisa menggunakan kain lap tipis seperti bahan kaos, lalu letakkan kentang ke dalam lap tersebut. Lalu kompreskan kentang yang ada di dalam kain itu diarea mata yang sakit.


Cara kedua, iris tipis-tipis kentang yang sudah dibersihkan, lalu tempelkan pada mata yang sakit. Lakukan terapi ini selama 10 hingga 15 menit baik hanya dengan kentang yang diiris maupun yang sudah dilembutkan.


Obat sakit mata dengan menggunakan kentang ini mampu mencegah adanya pembengkakan pada mata, mengurangi mata merah, iritasi, belekan hingga sakit mata yang dikarenakan bakteri atau virus.



11. Cara mengobati sakit mata dengan susu murni


Susu murni obat herbal alami sakit mata
Ternyata tidak hanya menyehatkan tubuh kita saja, susu murni juga bisa dijadikan obat sakit mata karena iritasi, alergi, hingga mata merah.

Caranya, tuangkan air susu murni di piring kecil atau di gelas, lalu gunakanlah kapas dan celupkan di air susu murni tersebut lalu kompreskan pada bagian mata yang sakit. Ulangi beberapa kali dalam sehari karena memang susu sangat aman bagi kesehatan mata.


12. Cara mengobati sakit mata dengan madu



Madu obat herbal alami sakit mata

Sudah tidak diragukan lagi bahwa madu memiliki khasiat yang benar-benar ampuh bagi kesehatan tubuh kita, termasuk dalam mengobati sakit mata.


Caranya, bersihkan terlebih dahulu semua area mata baik mata kanan maupun mata kiri bisa menggunakan tisu atau kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin/hangat.  Setelah itu oleskan madu pada area mata yang sudah dibersihkan dengan merata.


Obat sakit mata menggunakan madu ini bisa menyembuhkan sakit mata merah, sakit mata belekan, sakit mata karena iritasi, bahkan sakit mata dikarenakan bakteri. Cukup menggunakannya 3 kali saja dalam sehari, dan biasanya dalam beberapa hari sakit mata sudah sembuh. Jika tidak kunjung sembuh maka sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis mata.

Catatan: Usahakan untuk menggunakan madu yang benar-benar murni.

13. Cara mengobati/meringankan sakit mata dengan kombucha/jamur teh



Kombucha/jamur teh/jamur dipo obat herbal alami sakit mata

Cara pengobatannya sama saja dengan yang lainnya, cukup kamu kompreskan pada bagian matamu yang sakit beberapa menit (20 menit).


Atau bisa juga dengan cara mengoleskan air biang kombucha pada area mata yang sakit, biarkan hingga air biang kombucha benar-benar meresap.


Mau tahu lebih lanjut apa itu kombucha? Silakan kunjungi blog berikut https://jamurteh.blogspot.com


. Cara mengobati/meringankan sakit mata dengan air hangat



Air hangat obat herbal alami sakit mata

Ternyata air putih yang hangat juga bisa menjadi peringan nyeri pada mata yang sedang sakit.

Caranya, bersihkan semua bagian mata yang akan diobati. Setelah itu, kompreslah mata yang sedang sakit menggunakan air hangat.

Sebenarnya cara ini bukanlah pengobatan melainkan hanya meringankan sakit mata saja.


15. Cara mengobati sakit mata dengan obat tetes mata



Obat tetes mata

Solusi paling akhir ketika obat sakit mata dari bahan-bahan alami itu tidak kunjung menyembuhkan sakit mata yang kamu derita, maka alternatif paling akhir adalah menggunakan obat tetes mata. Akan tetapi akan lebih baik memang menggunakan herbal terlebih dahulu sebelum ke obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia.


Memang obat tetes mata sangat meredakan sakit mata yang kita rasakan akan tetapi jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata karena bisa membahayakan kesehatan matamu. Mungkin hanya sesekali saja menggunakan obat tetes mata untuk mengobati mata merah, mata gatal, mata belekan, mata iritasi, hingga sakit mata karena bakteri dan virus.


Pilihlah obat mata sesuai dengan resep dokter, dan hindari obat mata yang mengandung antibiotic, kortikosteroid atau pemutih yang justru tidak menyembuhkan akan tetapi membahayakan kesehatan matamu.



Dari berbagai sumber


0 Response to "15 resep ampuh dan mudah untuk sakit mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel