Bisakah Kunyit dijadikan sebagai obat 'JERAWAT'?

kunyit obat ampuh jerawat

Selain sebagai bumbu dapur ternyata kunyit juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi jerawat. Selain itu kunyit juga dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah Anda.

Kunyit mengandung salah satu komponen aktif yang bernama kurkumin. Kurkumin dikenal memiliki banyak manfaat termasuk memiliki sifat antiradang. Selain itu, kunyit juga mengandung antioksidan dan sifat antipenuaan yang bisa digunakan untuk mengobati radang sendi, diabetes, dan penyakit Alzheimer.

Kandungan kurkumin sebagai zat antiradangnya dipercaya berperan penting dalam mengusir jerawat.
Jerawat yang meradang biasanya disebabkan oleh bakteri Propionibacteria acnes (P. acnes). Kurkumin sebagai bahan aktif dalam kunyit memang mampu membunuh bakteri Propionibacteria acnes. Tidak hanya membunuh bakteri Propionibacteria acnes, saja. Kurkumin juga mampu membunuh bakteri jenis lain. Terbukti dari kebiasaan masyarakat kita yang sering memanfaatkan kunyit sebagai pengawet makanan. Ini menunjukkan bahwa kurkumin tidak hanya dapat membunuh bakteri Propionibacteria acne, saja. Kunyit juga disebut-sebut jauh lebih baik dibandingkan dengan obat jerawat asam azelaic.

Beberapa ahli menyatakan kunyit bisa membantu memudarkan hiperpigmentasi atau bekas jerawat yang menghitam.
cara gampang atasi jerawat menahun

Meski kunyit dapat digunakan sebagai obat anti jerawat. Namun ternyata tidak semua kulit toleran terhadap kunyit ini. Pernah dilaporkan beberapa orang mengalami 'alergi' terhadap kunyit seperti timbulnya kemerahan pada kulit, gatal bahkan melepuh.

Sebab itu, Anda perlu melakukan 'uji kecocokan' terlebih dahulu dengan menggunakannya di bawah lengan selama 24 hingga 48 jam. Jika muncul reaksi yang negatif maka jangan sekali-kali mengaplikasikannya ke wajah atau bagian kulit lainnya.

Selain mengoleskannya langsung pada kulit berjerawat Anda, manfaat kunyit juga bisa didapatkan dengan cara menjadikannya minuman sebagai jamu. Berbagai produk kecantikan yang dijual dipasaran sudah banyak yang mengandung kunyit dengan tambahan zat lainnya untuk mengatasi jerawat.

0 Response to "Bisakah Kunyit dijadikan sebagai obat 'JERAWAT'?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel